Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Sabtu, 16 April 2011

Sepasang Vas Dinding Ikan Toea - Pair Old Chinese Wall Vase

Dari segala bentuk vas porselen, vas dinding lebih jarang. Kenapa ya?  Apa sering kena gempa, trus jatuh... apa ditaruh di atas meja/lemari...dan karena posturnya yg tidak seperti vas meja yg bagian bawah 'tebal', jadi kesenggol sedikit bisa retak/pecah?  Tapi begitulah kenyataannya.... Saya peroleh sepasang vas ini dalam kondisi, yg satu utuh, yg satu bekas kesenggol, retak, tp masih menyatu..karena belum dari ujung ke ujung.
Motif beberapa ikan...berenang di perairan yg ada bunga teratai ungu.... kombinasi yg menarik.
Ditilik dari bahan, bahan porselen cukup baik, biarpun konstruksi termasuk bukan tipis (sesuai fungsinya, kalau ketipisan bisa remuuk digantung).  Ditilik dari marking, bagus stempel-nya, rata dan rapih tidak belepetan...seperti yg buatan asal2an.  Ditilik dari pembuatan motifnya, sudah menggunakan tehnik printing/cetak, manual karena dilihat posisi gambar vas #1 dan vas#2, posisi letak gambar tidak sama center-nya, dan jarak atas bawah, juga berbeda dari tepian.
Menurut salah satu teman buatan sekitar tahun 1950/1960, berarti di China adalah era awal2 PROC- 'People Republic of China' - era awal komunisme (1949-1966).  Masuk akal memang, pada masa2 ini, terutama tahun 1960an, begitu banyak barang dari China masuk ke beberapa negara, Indonesia termasuk salah satu pasar terbesar (China Road).  Karenanya, mungkin om, tante, oma, opa masih ingat sosok vas dinding ini....
Sumber repro kira2: http://gotheborg.com/marks/index-china-marks.htm  bagian "Guangxu" (1875 - 1908)
Tinggi sekitar 17cm.  Pajangan yg menarik, dibuat pada awal2 mass production era dari porselen China, sehingga kualitas nya masih baik, hanya tehnologi pembuatannya saja sudah berbeda dari era yg di-repro-kan. Harga 350 ribu sepasang, di luar ongkir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak