Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Kamis, 06 Desember 2018

Antique Family Scale "SALTER'S IMPROVED" no. 50 Brass Faced Original Tin Pan

Silvester's Patent.  Ada marka "Katties Amsterdam".  Tinggi sekitar 32.5cm, diameter tatakan sekitar 26cm. Pada umumnya ukuran no. 50 untuk maksimal 14 pounds/lbs,  atau sekitar 6.35kg. Tapi di timbangan ini skala sampai 30/38 (ada 2 deretan angka). 

Kondisi tatakan (tin pan-plat besi) masih ada bekas cat hitamnya.  Sudah tidak mulus lagi bentuknya, dan kalau mau bautnya dibuka/setel/ganti biar tidak miring2 begitu.  Tapi,  Mak biarkan apa adanya,  karna tidak mengganggu dan masih bisa buat menampung barang (biasanya Mak taro bawang,  hehe) . 

 Pasti sering dipakai ya sebelumnya dan cukup terawatlah, makanya masih belum kaku,  bisa berfungsi.  Tapi,  ga jamin ya akurasinya... Hehe.. 
Silahkan periksa lewat foto2 berikut:
 
 
 
  
 
  
 
 
Salter's dengan plat kuningan kakak adek:

Plat kuningan masih cukup baik ya,  bagian besi dan tatakan bisa dicat ulang,  pasti cakep lagi,  dan kalau memungkinkan baut tatakannya dirapihkan.  
Sementara kolpri dulu,  Mak masih penasaran kalau dicat lagi bagaimana hasilnya.  

Salter Scale – Postal Parcel Balance Salter’s no.25 – British Made

Referensi:
https://en.pinkoi.com/product/1auEDfLG

Timbangan ini untuk beban maksimal 5kg.  Kemungkinan besar dibuat di tahun 1930an. Kol-Pri lg...
Timbangan ini mungkin termasuk mungil dibandingkan timbangan Salter lainnya, tingginya hanya 20-21cm.  Bahan utama besi, kecuali bagian plat tatakan atas dan plat penunjuk skala.  Keistimewaan timbangan ini, terletak pada keindahaan desain keseluruhan.  Semua tulisan masih begitu jelas dan tertata baik, jarum penunjuknya pun cantik.  Timbangan agaknya sudah terlalu tua, terawat di bagian luar2nya, tapi karena sudah lama tidak digunakan - alias dijadikan pajangan saja - pemilik sebelumnya tidak peduli atau tidak ingat merawat mekaniknya, jadi sudah 'kaku' besi2nya.  Saya sendiri tidak mau coba2 membongkar timbangan yang satu ini... :)
Tatakan atasnya masih sangat mulus
Bagian bawah tatakan bahan kuningan sebagian sudah discolored - berubah warna tapi masih bener2 utuh.
Utuh, hanya saya tidak berani buka2 baut aslinya
 Pajangan yang sempurna, mungil, utuh, kokoh dan cantik. item wajib kolektor timbangan Salter atau timbangan Postal dan Parcel. 

Rabu, 05 Desember 2018

Ironing Trivet/Alas Gosokan Cast Iron Art Nouveau. Panjang sekitar 30cm

Terbuat dari cast iron (besi) yang dipercantik dengan tehnik  kombinasi 2 warna. 
Kondisi sangat baik untuk usianya,  silahkan periksa foto2:
 
 
Harga 1.75 juta rupiah. 

SOLD - Gosokan Kuningan Abad 19 - Panjang 6 inchi

Panjang 6 inchi atau sekitar 15cm lebih, tinggi sekitar 14.5cm.
Kondisi sangat baik, komplit dengan isi original....
Setrika kuningan biasanya dijual untuk kalangan lebih khusus dibandingkan kebanyakan yang terbuat dari besi.  Ukurannya yang cukup compact, memungkinkan setrika ini dibuat untuk menunjang perjalanan/travel.
Harga Sold,  trims...  
Kebetulan ada alas/trivet, biarpun agak kebesaran...kira2 begini dulu ndudukin gosokannya..

(harga trivet terpisah ya....)

SOLD - "ORIGINEEL BEZARD" Compass - 2nd Generation, after 1917

Dilihat dari ejaan dan petunjuk arahnya, merupakan Dutch version - versi Belanda.. Type "Marching Compass". Menurut sumber: http://www.compassmuseum.com/hand/bezard.htm
Kompas berikut diciptakan dan dipaten-kan oleh penemunya: Johann Ritter von Bézard (lahir thn 1871).  Bezard aslinya orang Polandia, menjadi tentara Austria meneruskan karir ayahnya yg merupakan keturunan salah satu ksatria kerajaan Austria, sampai pada akhirnya Austria diduduki oleh Jerman pada PD (perang dunia) I.  Sepanjang karirnya, dia menciptakan kompas baru yang dipatenkan di beberapa negara pada saat hampir bersamaan, dimulai dengan paten di Jerman pada tanggal 25 November 1902.
Seri pertama: "PATENT BÉZARD" berlangsung sampai tahun 1917.  Setelah itu baru keluar versi "ORIGINAL BÉZARD", kemungkinan banyak digunakan pada periode sebelum dan tidak lama sesudah PD II.  Versi #1 dan #2 sistem kompas utamanya menggunakan kristal. . "FLUID BÉZARD" merupakan versi terakhir - #3 - (dibuat s/d thn 1996) menggantikan sistem kristal ke sistem dengan cairan.
Perbandingan dengan Kompas Inggris "Makers to the Queen 1920"
  
Marking komplit dan bagus.  Kondisi relatif masih cukup mulus dan utuh.  Sudah dicoba, jalan sih, cuma akurat/tidak  - tidak tahu....:)  Minus original leather case.  Dijual kondisi seperti di atas, kompas antik berumur hampir seabad,  Sold,  trims... 

Ironing Trivet/Tatakan Gosokan Cast Iron Antik 3D- Motif Bunga/Flora - Marka "361" Victorian (1850-1899)

Panjang total sekitar 28.5cm (11 inchi lebih). Warna seperti kuningan,  tapi sebenarnya bahan trivet ini adalah besi (cast iron)  yang halus. 

Alas gosokan/panas di era ini banyak yang dibuat dengan motif2 cantik timbul. Dirawat dengan baik selama ini,  trivet original ratusan tahun yang masih bisa kita nikmati sampai waktu yg lebih lama lagi. 

Kondisi sangat bagus, motif 3D/timbul.  Kondisi silahkan lihat foto2:
 
 
Tadinya Mak cuma tertarik pada macam2 gosokan antik,  tapi ketularan juga pada pasangannya.  Dan begitu dipasangkan,  memang gosokan terlihat lebih cakep dipajang, nih contohnya:
  
Beberapa memang bisa sangat layak dipajang,  dan bisa juga digantung di dinding seperti  model yang di atas. 
SiSilahk,  harga 1.5 juta rupiah.

Temen2 Mak