Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Senin, 31 Oktober 2011

Help in Need: Identify umur Nampan Perunggu Antik

Nampan perunggu hasil temuan galian, diameter sekitar 47cm, kondisi amazingly cukup baik.  Apa ada yg tahu tempat/cara/prosedur untuk memeriksa umur dari nampan bersangkutan, jangan jauh2 ya, sekitar2 Jakarta saja.  Trims sebelumnya ya....:)
Motif masih terlihat dibagian tengah nampan

3 komentar:

  1. wuiiih.. gali dimana mpok???..pas lagi gali sumur ya?? mantap tuh nampan.senampan wajahku...hmm

    BalasHapus
  2. Hai mbak, sudah tahu umur nampannya ? Kalau tidak salah itu biasanya disebut Talam Majapahit, abad 10 - 14 masehi. Tapi ada kemungkinan besar lebih tua dari pada itu karena lebih banyak di temukan di Jawa Tengah artinya sekitar abad ke 8 sampai 10 masehi. Talam atw nampan ini kuat dugaan dipakai untuk wadah mempersembahkan sesaji atw sesajen.
    Nampannya boleh dibersihkan sedikit mbak, terutama dibagian tengahnya, nanti akan terlihat simbol bunga padma atw teratai, tp jangan menggunakan cairan kimia, cukup dengan air, disikat dng sikat gigi saja (keras tdk apa-apa). Tapi jangan sampai hilang patinanya, cukup sampai terlihat jelas motifnya, nanti bisa digosok lagi menggunakan wax dng kain perca. Bagian lainnya,terutama bag. belakang tdk perlu disikat tdk apa2,dipertahankan patinanya, cukup digosok wax saja.,,,

    salam,,

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak Pak Bas Boris...atas info dan tips nya.

    BalasHapus

Temen2 Mak