Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Sabtu, 31 Desember 2011

Mangkuk Teh Cina Antik - Antique Gai Wan

Mangkuk teh Cina ini mungkin dipakai musuh pas duel sama Wong Fei Hung... Karena masih kalah ilmunya, makanya tutup yg tadinya dilemparkan untuk menyerang si jagoan malah jatuh...untung jatuhnya tidak parah, cuilan sedikit masih bisa direkatkan...:)
Aksara/marka pada tutup dan cangkir sama, motif juga sama, menandakan keduanya berasal dari set yg sama.  Bahan yg halus dengan motif yang terlukis indah. Dan...last but not least, ciri dari gaiwan antik yg paling mudah dilihat adalah: bentuk tutup..bagian lingkaran tempat kita mengangkat tutup berbentuk rata dan pendek.  Silahkan diperiksa sendiri.... dan bandingkan dengan yg buatan baru.  Orang dulu lebih canggih dan hati2 dalam membuka tutup saat mangkuk berisi teh panas.  Di kemudian hari (modern era), 'ilmu' mengangkat tutup pada payah/kurang terlatih...makanya banyak yg pecah....hehe...maka dibuatlah tutup dengan bentuk yg lebih tinggi, menyesuaikan dengan lengkung jari, untuk memudahkan siapa saja ikutan style minum teh 'ala jaman dinasti.
Sumber: http://gotheborg.com/marks/index-china-marks.htm bagian "Ming" (1522-1566)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak