Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Rabu, 02 Maret 2011

3 Ruffle Glass/Crystal Vase - Hand Blown... Vintage and Old..... Sold, trims...

Kalau anda ke Eropa, jgn lupa ke Italia... orang2nya hangat dan penuh warna...Ke Italy, jgn sampai tidak ke Venesia... bukan sekedar krn romantis... bekas pelabuhan lama ini benar2 bikin betah berlama2....begitu kaya kebudayaannya, campuran dr berbagai macam pengaruh, tdk hanya Roman, tp jg dr Timur Tengah/Muslim dan Far East Asian (Japan, Cina, dll).  Saran sih, mending musim dingin, orng2nya lg ganteng2nya... hehe dan sedang tdk kebanyakan turis...   cuma waktu untuk belanja banyak kepotong siesta/istirahat/bobo siang yg panjang...
Salah satu khas Venesia yg udah absen di camp Oengoe ya itu topeng  dan permen2 warna warni.  Yg lebih populer, dan mungkin sudah nyampe ke lemari pajang banyak orang, adalah kerajinan glass/kristal tiupnya. Sentra pabrikan nya - pulau Murano -  salah satu pulau di sekitar sentra Venesia.  Bisa ditempuh dengan transportasi air, carteran bisa, yg berjadwal/umum bisa... sekedar sharing lg.....heheh..
                                                                                                                                                                 
Alkisah, walaupun sdh berjasa sejak abad ke-9, pada sekitar abad ke-13 (tahun 1200an) pengrajin2 kristal Murano menjadi penduduk Venesia yg tersisihkan, karena industri nya rawan menyebabkan kebakaran di daerah sentra Venesia yg penuh birokrat, orng2 ningrat, pedagang kaya dan pemuka agama. Ditunjuklah pulau Murano untuk menjadi kediaman mereka.  Banyak hal yg belum beubah smp sekarang, baik itu fungsi Murano sebagai sentra produksi, sistem dan peralatan kerja juga masih memakai tehnik lama.  Karena yg dilayani pasar kelas atas yg galak, alhasil reputasi kualitas produk Murano teratas selama berabad2 - melampaui produk saingan dr negara lain.  Contoh2 buatannya: crystalline glass, enameled glass (smalto), glass with threads of gold (aventurine), multicolored glass (millefiori), milk glass (lattimo), and imitation gemstones made of glass.  Biarpun dilarang keras meninggalkan pulau/negara Italy, beberapa pengrajin berhasil meloloskan diri dan menyebarkan keahliannya, al. ke Inggris dan Belanda...... Nah akhirnya ketemu deh link-nya.  So pasti Sinyo2 Belanda jaman itu tidak bisa menolak maksud Njonja nja untuk membawa serta beberapa barang kesayangan bergengsinya saat berkunjung/tinggal di Indonesia.  Dari mereka lah, beberapa produk kristal tua, al. buatan Italy/Murano diperkenalkan ke kita2 ini.  Salah satu sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Venetian_glass , Sejarah glassblowing: http://en.wikipedia.org/wiki/Glassblowing
                                                                                                                                                                 
Awalnya pengen tahu, akhirnya terkumpul beberapa items berbentuk vas sejenis di Camp Oengoe... ada alasan untuk belajar lg...   Konon kabarnya, jenis vas ini sudah tidak diproduksi lg sejak tahun 1950an.  Julukannya di tanah kita, vas kecubung, vas keriting, vas aplikasi bunga kristal, vas kembang ceprok, dll.  
Vas (A) tidak hanya kelihatan lebih besar, tp dari bahan kaca/glass nya kelihatan lebih tua dibandingkan Vas (B) dan (C)
Ciri produk glass/kristal tiup, ada bagian, terutama alasnya yg merupakan bekas 'pintu' yg ditutup, jd pasti tidak rata/smooth...
Kebetulan, ketiga vas bagian belakangnya polosan...
Tidak ada cuil ataupun retak.  Di beberapa bagian glass, memang ada yg agak tidak kelihatan mulus/smooth, tp semua menjadi ciri2 dari produk kristal buatan/tiupan tangan, apalagi yg sudah berumur....  Semakin tua, bagian glass yg bening pun akan mengalami 'peng-kerakan' alias mutih2... Tinggi sekitar 18-19cm an.  Harga (A) 550rb rupiah, (B) 350rb rupiah, (C) 450rb rupiah. Di luar ongkir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak