Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Sabtu, 05 Maret 2011

Selingan - Tegel2 Antik Hiasan

Tegel2 antik diproduksi hampir di seluruh penjuru dunia.  Ada beberapa buatan pabrikan keramik/porselen/pottery terkemuka dengan marking nya yg khas, ada yg marking negara, ada marking berupa simbol2, lekukan2 dan berbagai tekstur permukaan, ada yg polos2 begimanaaa..gitu.  Permukaan depan ada yg timbul (sering disebut Majolican), ada yg semi timbul, ada yg flat. Ada yg lebih tebal/tipis, ada yg lebih besar/kecil sedikit, dll variasinya...  Semua sesuai tujuan/fungsi/spesifikasi pemanfaatannya. 
                                                                                                                                                             
Di luar tegel untuk lantai, kebanyakan tegel2 tua digunakan untuk menghias dinding, framed or not, sebagai pelengkap perabotan, dll.  Beberapa contoh sdh Mak tampilkan, a.l. di Kapstok Besar dan Kecil, di Hallstand, di Pigura Cina (Gincu Prada)..dll  Bisa dilihat dr bagian belakangnya, kalau ada bekas semen, bekas di tembok tua tuh...  Kebanyakan yg bersih dan utuh kemungkinan bongkaran perabotan atau bekas pajangan dalam frame.
                                                                                                                                                            
Tak pelak, barang bagus pasti ada repro...sah2 aja, tetap bisa digunakan sebagai pelengkap pajangan....dengan harga yg terjangkau, dan kemungkinan tidak terbawa trend inflasi gila2an... Iya, belum lama 1 tegel antik seharga beberapa ons cabe merah, sekarang bisa beli 2 kilo lebih (saat hrg cabe 50rban sekilonya..)
                                                                                                                                                            
Tidak ada maksud narsis di sini...btw..btw...  saya yakin kumpulan saya tidak seberapa dibanding kumpulannya toean2 dan njonja2 di rumah sana... :)
Contoh penempatan pada lemari djadoel
Bekas bongkaran, Tegel2 Saji Jepang disatukan lagi dalam frame
Motif lain, dr Saji tiles.
Saya tidak menyarankan pengrusakan situs2/perabotan2 yg masih baik, tp alangkah bijak menyelamatkan tegel2 ini dr timbunan barang2 lainnya....  Selamat mengumpulkan...  Silahkan saling membantu untuk melestarikan peninggalan nenek2 kakek2 kita... 
Tanpa maksud memicu perkembangan harga lebih parah lagi, bisa repot sendiri nanti saya, silahkan dilihat aneka ragam tegel2 dr berbagai belahan dunia... http://www.antiques.com/categories/105/Antique-Tiles .  Sekilas lg untuk membantu sedikit identifikasi umur suatu tegel antik: http://www.delfter-fliese.de/english_altersbestimmung.htm#Colour%20of%20the%20earthenware

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak