Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Sabtu, 19 Maret 2011

Souvenir Collector Map of Indonesia - Ebony Wood

Kayu keras berkualitas tinggi, di Indonesia tumbuh kebanyakan di pulau Sulawesi (Macassar Ebony).  Sejak tahun 1990 kayu eboni sudah dinyatakan sebagai jenis kayu yang terkena larangan tebang dan dilindungi .  Namun kendala dalam pembudidayaan yg belum sebagus progress budi daya kayu jati, sedangkan di sisi lain permintaan dalam dan luar negeri tinggi, membuat maraknya penebangan liar dan penjualan illegal.  Alhasil, bisa semakin langka nih... :(
Kayu eboni terkenal sebagai bahan untuk pembuatan alat musik dan patung, karena bahannya awet - katanya bisa sampai 7 turunan :) - kayunya keras jadi musti extra skilled nih pemahatnya, tapi hasil pahatannya dramatis rupawan, karena teksturnya yg kehitaman, sebagian dengan serat2 bewarna lebih muda. Harga perabotan dari bahan kayu ini jauh melampaui perabotan kayu jati bagus, atau bahan kayu lainnya.
                                                                                              
Istimewa biarpun belum tua, item di bawah buatan jaman Soeharto tahun 1990-an, untuk memperingati "Visit Indonesia Year 1991".  Bahan kayu eboni tebal dan sangat berat, utuh selembar.  Diameter 28-29cm, tebal 4cm.  Kira2 dulu punyanya pejabat Orba, atau 'sisa' souvenir buat tamu negara asing.
Kondisi kayu utuh dan mulus, hanya belum sempat dibersihkan...  Sayang saya tidak paham kombinasi putih bahan apa, mungkin Ivory?  Kaya judul lagu saja... "Ebony...Ivory.." Maaf, kondisi apa adanya, harga berikut standar pasangannya 1 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak