Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Jumat, 22 April 2011

SOLD - Dutch’s Klewang - marked MILSCO (1940s)

 Bukan mengada2, tapi istilah internasional dari jenis pedang ini memang Klewang. Ada referensi lengkap mengenai Klewang Belanda dari masa ke masa, yaitu buku karangan J.P. Puype & R. J. de Stürler Boekwijt, terbit tahun 2001, berjudul "KLEWANG (Catalogue of the Dutch Army Museum)".  
Klewang Belanda dibuat awalnya untuk menandingi/melawan Klewang asli Indonesia- Atjeh (bentuk mirip golok ya..), yg telah lama dulu ada. Ini disebabkan berbagai jenis senjata lain tidak mampu menundukkan/mengalahkan senjatanya orang Atjeh. TRUE.... Tipe awal M1898 pertama kali dipakai thn 1898 di perang Atjeh ini. Sukses digunakan pada periode perang melawan Atjeh pada tahun 1873-1904, pedang jenis ini menjadi sangat populer dan terus menjadi senjata standar tentara Belanda selama di Indonesia dan di negara koloni-nya yg lain. Klewang awalnya dipesan dari pabrik di Solingen-Germany, kemudian baru diproduksi di Hembrug-Belanda, keduanya persis sama, beda marka. 
Pada saat PD-2 dimulai (tahun 1940-an), pemerintah Belanda memesan Klewang dari perusahaan MILSCO - USA (Milwaukee Saddlery Company) untuk melawan tentara Jepang (Samurai vs.Klewang...hmmm..). Bukan karena 'kalah pedang', negara Belanda tunduk pada Jerman, dan koloninya di Asia Tenggara tunduk kepada Jepang.....:) Di Indonesia, setelah negara kita menyatakan kemerdekaan, tentara Belanda pernah kembali lagi pada periode 1947/1948, salah satunya membawa/menggunakan senjata yg sama.
Original Klewang Belanda masih dibuat sampai sekarang. Di Belanda, Klewang masih digunakan oleh Koninklijke Marechaussee (Dutch Royal Constabulary), army's regiment Van Heutz, dan  Koninklijke Instituut van de Marine (Royal Institute for the Navy). Sejak tahun 1911, tidak ada tipe baru dikeluarkan, jadi bentuk/ciri2 buatan 1911 sampai dengan sekarang akan kurang lebih sama (tipe M1911). 
Dispute tentang Klewang dengan marka MILSCO adalah umumnya gagang pedang Milsco 1940an adalah berbahan plastic bakelite. Pada saat pemesanan, bahan sejenis plastik ini merupakan temuan paling modern dan dapat diproduksi lebih cepat dibandingkan gagang kayu, untuk memenuhi kebutuhan massal mendesak menjelang perang. Dengan ditemukannya banyak Klewang marka Milsco tapi bergagang kayu, seperti yg ada di camp oengoe... dengan curve/lengkungan dan bahan pelindung tangan yg khas Eropa - membuka kemungkinan lain yg tidak serta merta menjadikannya barang 'rekayasa'. Masalah warna juga beragam, ada yg sewaktu itu di'cat' kebiruan/gelap, karena memang penggunaannya dibedakan. Tidak serta merta menafikan sesuatu barang genuine atau palsu... dikarenakan jenis pedang/klewang ini termasuk item populer bagi penggemar koleksi senjata pedang.
Ada beberapa hal yg bisa dijadikan pedoman buat kolektor pemula, disamping tentu saja disarankan membeli buku rujukan di atas.  Buatan asli lama dibanding dengan buatan lebih baru: keseluruhan set terlihat aging/menua secara seimbang...baik bahan besi, kulit dan kuningannya, dan semua fitting keseluruhannya rapih tidak ada yg dipaksakan. Klewang di atas tidak direkayasa supaya terlihat antik, tp memang dibiarkan kondisi apa adanya saat ditemukan...:) Harga Sold, trims.. di luar ongkir. NET.  Sumbang saran dari pemilik Klewang lainnya sangat diharapkan.  Semoga suatu hari saya pulang kampoeng ke Sumatra dapat menemukan lebih lanjut fakta menarik tentang Klewang yg masih tercecer di negara kita, belum dipungutin dan dikirim ke luar negeri...hehe...

Sumber2, antara lain

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. https://drive.google.com/file/d/0B-sAkbPnANgmN0VfRnBOZ3kxRk0/view?usp=drivesdk

    BalasHapus

Temen2 Mak