Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Rabu, 05 Desember 2018

SOLD - "ORIGINEEL BEZARD" Compass - 2nd Generation, after 1917

Dilihat dari ejaan dan petunjuk arahnya, merupakan Dutch version - versi Belanda.. Type "Marching Compass". Menurut sumber: http://www.compassmuseum.com/hand/bezard.htm
Kompas berikut diciptakan dan dipaten-kan oleh penemunya: Johann Ritter von Bézard (lahir thn 1871).  Bezard aslinya orang Polandia, menjadi tentara Austria meneruskan karir ayahnya yg merupakan keturunan salah satu ksatria kerajaan Austria, sampai pada akhirnya Austria diduduki oleh Jerman pada PD (perang dunia) I.  Sepanjang karirnya, dia menciptakan kompas baru yang dipatenkan di beberapa negara pada saat hampir bersamaan, dimulai dengan paten di Jerman pada tanggal 25 November 1902.
Seri pertama: "PATENT BÉZARD" berlangsung sampai tahun 1917.  Setelah itu baru keluar versi "ORIGINAL BÉZARD", kemungkinan banyak digunakan pada periode sebelum dan tidak lama sesudah PD II.  Versi #1 dan #2 sistem kompas utamanya menggunakan kristal. . "FLUID BÉZARD" merupakan versi terakhir - #3 - (dibuat s/d thn 1996) menggantikan sistem kristal ke sistem dengan cairan.
Perbandingan dengan Kompas Inggris "Makers to the Queen 1920"
  
Marking komplit dan bagus.  Kondisi relatif masih cukup mulus dan utuh.  Sudah dicoba, jalan sih, cuma akurat/tidak  - tidak tahu....:)  Minus original leather case.  Dijual kondisi seperti di atas, kompas antik berumur hampir seabad,  Sold,  trims... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak