Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Selasa, 18 Desember 2012

Jarik Tulis PISANG BALI - TISIK TEPI

Mengumpulkan batik karna ingin belajar... saat dibolehkan untuk jual, Mak jual beberapa....
Sebisanya berusaha memahami sebelum menghargai atau tidak menghargai... dan ini bagian yang sulit....  kadang tidak sempat dilakukan di antara begitu banyak tumpukan barang lainnya...:)

Batik berikut... motif sangat rumit, dan yang pasti penuh sekain ditulisi/dibatiki semua.  Tekun dilakukan, lebih dari sekedar mengikuti pakem....ini yang terasa spesial begitu dicermati....
Dari pewarnaan dasar, batik ini condong ke batik Solo... warna coklat klasik berpadu kehitaman/gelap.  Jadi biarpun judulnya "Pisang Bali", batik berikut bukan buatan Bali...:)
Sebagai pemula, instink bicara, lagipula saat kain batik sudah di tangan dan dihamparkan.....ada respect tersendiri untuk kain batik di atas.  Bahan kain sangat bagus (halus, dingin), dan motif bolak balik sama bagusnya. Masalah minor, karena hanya cacat di beberapa bagian tepi, ada yang sudah ditisik.
"Pisang Bali" (atau "Pisan Bali"?) rupanya suatu motif yang cukup populer seantero sentra batik Jawa...  Motif ini banyak ditemukan atau terinspirasi oleh pahatan batu-batu di candi-candi di Jawa, melambangkan kehormatan dan status pemakainya. 
Warisan budaya, bukan sekedar penghias....
Ada beberapa bekas tisikan, dan lubang2 ... yang agak sulit ditemukan...:)  tapi secara keseluruhan kain ini cukup terpelihara. Harga 1.5 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak