Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Rabu, 13 Maret 2019

SALE - 37+ Pounds - Family Scale "SALTER'S IMPROVED" no. 50 Brass Faced Original Tin Pan

Silvester's Patent.  Ada marka "Katties Amsterdam".  Tinggi sekitar 32.5cm, diameter tatakan sekitar 26cm. 
Ada beberapa sepanjang sejarah di google,  ditemukan timbangan serupa di indonesia.  Tidak seperti pada umumnya ukuran no. 50 di Inggris Raya untuk maksimal 14-28 pounds/lbs,  tapi timbangan ini bisa sampai 37+ pounds (Mak coba timbang dengan salah satu pemberat yang ada di rumah).  
Nah, deretan angka bagian atas yang sampai 30, kemungkinan memang satuan berat kati (pembulatan atau memang jaman dulu begitu,  1 pound = 0.8 kati - pembulatan dari 0.7559). Mohon dibantu para pakar konversi dan sejarah ya... 
Menarik saja untuk jaman sekarang mengutak atik satuan berat pra era metric,  jaman old banget ya.. Hehe.. Padahal jaman metric aebagai solusi satuan yang bisa dibagi sampai beberapa digit desimal sudah diperkenalkan aejak era revolusi Prancis 1799 (sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/History_of_the_metric_system

Kondisi silahkan periksa lewat foto2 berikut:
  
 Dicoba dengan pemberat 1 pound  
 
1 pound sekitar 0.756 - 0.8 kati.
 
 
Ada beberapa variasi tatakan,  kebanyakan (hampirrrr semua) di google model lepas, ada sedikit model jari2 sebagai dasar tatakan.   However,  yang ini terlihat bawaannya juga,  tapi memang ada bahan yang sudah aus,  tepat di bawah tatakan. Silahkan dinilai sendiri :) 
Btw,  Mak hanya lakukan bersih2 sederhana di plat nya ya supaya tulisannya lebih bisa terbaca.  Bahan kuningannya lebih 'merah' dibanding plat pada no. 25, seperti ada campuran tembaga nya (atau masih tebal kotorannya,  hehe..). 

Harga 2.5 juta rupiah. 2.2 juta rupiah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak