Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Selasa, 18 Desember 2018

German Kitchen Scale – 2 skala Kilo & Katti, max. 15Kg (Alexanderwerk)

Pernah selintas membaca, tp lupa di mana.  Jaman dahulu kala, kalau mau nimbang, bilangnya mau 'ng-kati'.  Beli timbangan, bilangnya beli 'kati'.  
Dari sekian timbangan2 tua yg beredar di Indonesia, beberapa punya marking serupa (seperti timbangan Salter 'Katties Amsterdam' sebelumnya).  Pada skala timbangan ini,  1 katti = 600 gram, dan benar menurut Google. 

Timbangan yg menyolok pengaruh Art Nouveau-nya,  produk akhir 1800-an, sampai awal 1910-an. Motif cantik, plat enamel/porselen putih masih cukup utuh.  Masih berfungsi...

Alexanderwerk merupakan pembuat timbangan2 cantik cast iron,  dan sudah pasti sebagian dibuat sesuai pesanan negara pembelinya (yang ini dipesan Belanda). Mungkin dengan alasan juga request dari pemesan,  nama Alexanderwerk yang biasanya majang di permukaan enamel tidak dicantumkan untuk edisi ini. 

Wah, tukang servisnya protes pas dibilang ngilangin tutup belakangnya.. Katanya 'emang dari sono-nye kaga ade tutup belakangnye mpok.. '  Maap deh, ape mau dikate....
Btw, malah nemu ada yg sama persis nih, tapi tidak ada gambar belakangnya.
Katanya timbangan ini buatan Germany - kategory Kitchen Scale.  Bisa jg akses dr http://www.scales-and-weights.com/scales/scaleidx.htm. (Commercial -> Kitchen Scale... trus pilih gambar di sebelah kanan).

Kondisi silahkan lihat foto2:
  
 
 
Baut untuk setel spring/per,  biar jarum jamnya pas,  trus diberi tatakan sementara,  dipakai untuk nimbang 1kg
  
 
 
  
Harga 1.5 juta rupiah.  

Bonus untuk pelengkap saja,  karna piringan kaleng atasnya sudah tidak ada,  Mak selipin piring kuningan jadul cantik,  tuh udah ada difoto bareng timbangannya di atas kok. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak