Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Kamis, 14 April 2011

MOCKBA 850 (Moskwa 850 years) - logo Russian Federation - Gzhel Russia (Sold, trims)

Sekali2 dapat porselen pajangan dari Rusia.   Porselen berbentuk botol unik ini dibuat untuk memperingati HUT kota Moskow ke 850 (1147 – 1997). Berarti yg antik itu kota Moskow-nya ya....:).  Bahan porselennya sendiri belum sampai 15 tahun umurnya, musti sabar menjaga keutuhannya... tapi kalau tidak buru2 untuk dijual kembali, tidak terasa sebentar lg jadi vintage...Paling tidak, yg disimpan adalah edisi khusus, sesuatu yg biasanya dihargai lebih.
Bentuk botol merupakan replika dari logo negara Rusia, istilahnya "The coat of arms of the Russian Federation".   Buatan yg detail (biasanya hand-made), ditambah tehnik pewarnaan dengan cara dilukis (hand painted), semua aspek dari logo tampil dengan baik di semua bagian. Satu lagi keunikan tambahan, di lubang bagian atas bercabang, dan setelah melewati 'leher' ke-2 burung, menyatu lagi.  Ciri khas porselen Russia yg kreatif sekali dengan bentuk yg bermacam2.
 
Marking, logo gambar GAJAH.  Tulisan Rusia ada yg bisa bantu bacain?  Ada keterangan nama artis/pelukis nya, sayang sy jg tidak bisa baca.  Tinggi sekitar 25cm, rentangan sayap kedua burung sekitar 24cm. 
Cerita sedikit ttng Gzhel:  Gzhel bukan nama merek, melainkan sentra produksi pottery dan porselen di Rusia.  Beberapa kilometer di tenggara kota Moskow, sejak abad ke-14 sudah dikenal sebagai daerah pottery.  Produk awal lbh ke earthenware (seperti tembikar), baru pada tahun 1830 an  Gzhel mulai mempelajari dan akhirnya menguasai dengan sangat baik tehnik porselen, tentunya ditunjang letak strategis, dekat ke Eropa, dekat ke Cina. Beberapa dihargai tinggi karena kualitas, kreatifitas dan inovasi desain yg tidak ada habisnya.
Kondisi seperti baru, utuh dan mulus.  Tp no clue nama manufacturer-nya.  Ketemu di ebay cuma si boneka porselen anjing yg lucu dgn marking yg sama... http://cgi.ebay.com/Gzhel-made-Russia-porcelain-very-cute-dog-figurine-/190250900537?pt=LH_DefaultDomain_0&hash=item2c4bd65c39
Harga Sold, trims...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak