Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Kamis, 14 April 2011

SMF SCHRAMBERG HANDGRMALT GARMISCH - ART MAJOLICA

Pottery antik dari Jerman, tipe motif timbul/Majolica.  Kondisi utuh dan mulus.  Tidak ada keterangan tahun pembuatan tahun yg pasti (lihat sumber:http://www.porcelainmarksandmore.com/baden/schramberg_1/00.php ), tapi kemungkinan dibuat pada masa Art Deco.
Schramberg pottery dimulai pada tahun 1820 oleh seorang stoneware expert 'Isidor Faist'.  Pada tahun 1912, perusahaan Schramberg dijual ke Moritz dan Leopold Meyer (orang Yahudi), sejak itu mulailah masa penggunaan "SMF" sebagai nama perusahaan. Pada tahun 1918 disahkan sebagai perseroan terbatas, tidak lagi sebagai perusahaan keluarga...Schramberger Majolikafabrik G.m.b.H (1918-1989).
Sebelum PDII, akibat gerakan anti Yahudi yg gencar di Jerman, pada tahun 1938, Meyer dipaksa menyerahkan pabriknya.  Segera setelah perang usai, keluarga Meyer kembali dan pabrik dibangun lagi.  Kepemimpinan kemudian diteruskan oleh Peter Meyer (anak dari Moritz Meyer, lahir tahun 1922).  Peter memimpin perusahaan hingga akhir hayatnya (1980) .  Sejak Peter Meyer meninggal, SMF Schramberg seperti kehilangan 'nyawa', sehingga performance perusahaan turun terus hingga akhirnya ditutup pada tahun 1989.
Sepasang teko dan nampan pasangannya.  Harga sepasang   850 ribu rupiah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak