Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Senin, 26 Desember 2011

Wadah Keramik tutup EPNS (silverplate) - early 1900

Wadah Keramik tua buatan Inggris dengan penutup bahan lapis perak.  Motif cantik khas Inggris...dengan rangkaian bunga mawar, dibawah motif blue-white-gold.   Pastinya merupakan pelengkap meja makan dari set yg tidak sembarangan.  Tinggi tanpa tutup 6cm, diameter bawah 3.5cm.  Kondisi silahkan periksa sendiri ya...
EPNS itu singkatan dari "electro-plated nickel silver" (metode silver plating 'a la Inggris). EPNS juga lazim diterapkan pada item non alat makan, seperti untuk kunci, perhiasan,  saxophone, koin, dll.  
Tehnik pelapisan perak ini dimulai sejak tahun 1840.  Sayang, tidak ada standar untuk penentuan tanggal/era pembuatan untuk EPNS.
Contoh produk di atas, kondisi tutup baik, warna silver masih cukup 'putih', masih bisa dipoles supaya bagus lagi.  Yg kurang adalah pada keramiknya, dan tidak ada marka buatan pabrik mana., padahal hanya produsen alat makan tertentu yg mengeluarkan edisi kombinasi silver/silverplated.  
Referensi harga di ebay terlalu sadis (http://cgi.ebay.com/PORCELAIN-MUSTARD-POT-w-EPNS-SILVER-TOP-ENGLISH-COBALT-/190479685772?pt=LH_DefaultDomain_0&hash=item2c5979588c).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak